SEHAT BUGAR BERSAMA PKS_SENAM NUSANTARA

454 views

Sebagaimana termaktub dalam hadits riwayat Muslim bahwa mukmin yang kuat lebih dicintai dari mukmin yang lemah; PKS Kota Probolinggo mengejawentahkan aplikasi dari hadis ini dalam sebuah kegiatan Senam Sehat Nusantara pada Minggu, 2 April 2017 lalu. Berikut liputannya…

Ada yang berbeda dengan kantor DPD PKS di Jalan Barito. Bila biasanya kantor ini sepi aktifitas pada Minggu pagi, tidak demikian yang terlihat pada hari itu. Beberapa sepeda dan sepeda motor terparkir di halamannya. Sementara ada sekitar 20 orang tengah mengatur barisan bersiap untuk mengikuti arahan dari pemandu yang berada di depan. Kendati suara speaker kurang keras, para peserta senam tetap antusias mengikuti gerakan dari sang instruktur.

“Kegiatan ini merupakan ajang silaturahim sekaligus menyadarkan arti penting kesehatan kepada para kader,” demikian yang dituturkan oleh Bapak Syaiful, Ketua DPD PKS yang ditemui usai kegiatan senam. Ditanya apakah hanya ditujukan untuk para kader saja?

“Tentu tidak. Harapan kami, bila di intern kegiatan ini sudah mulai dirutinkan, kedepannya, senam ini bisa dikenalkan kepada masyarakat dengan terjun ke tempat-tempat strategis yang dipenuhi oleh masyarakat. Dengan demikian tujuan ‘men sana in corpore sano’ tidak hanya terealisasi pada para kader semata, tapi juga masyarakat luas,” imbuhnya.

Pada Desember lalu, kegiatan Senam Nusantara sudah pernah diadakan di Taman Maramis dengan variasi kegiatan berupa sarapan bubur bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis. Animo masyarakat kala itu sudah cukup bagus. Diharapkan, kegiatan serupa bisa diadakan kembali dengan mengambil tempat yang lebih ramai, lebih strategis.

Sebagaimana diketahui, dinamai ‘Senam Nusantara’ karena lagu yang mengiringi gerakan dalam senam ini mengusung lagu daerah dari Sabang sampai Merauke. Sebutlah diantaranya Jali-jali, Manuk Dadali, Bungong Jeumpa, dan masih banyak lagi. Selain nyaman didengarkan, juga menumbuhkan nasionalisme. Ditanya mengenai kegiatan Senam Nusantara di daerah lain, beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program nasional. Bahkan di Pamekasan, Senam Nusantara sudah diikuti masyarakat umum.

“Ekspektasinya memang seperti itu. Selain menjadi kegiatan pilihan silaturahim dan rekreasi para kader, Senam Nusantara kelak juga bisa menjadi bagian dari masyarakat luas. Kita rutinkan dulu latihan di sini (kantor DPD, red) minimal dua minggu sekali, atau kita tawarkan ke DPC-DPC; nanti baru terjun ke masyarakat,” pungkasnya menutup pembicaraan. (nit)

Author: 
    author

    Related Post

    1. author
      save2 years agoReply

      PKS tambah mbois

    Leave a reply